Doa Tahiyat Akhir: Bacaan dan Panduan dalam Shalat

Shalat merupakan salah satu kewajiban yang harus dilakukan oleh setiap muslim. Ibadah ini melibatkan gerakan-gerakan tertentu yang harus dilakukan dengan khusyuk dan sesuai urutan yang benar. Salah satu gerakan penting dalam shalat adalah tahiyat akhir. Tahiyat akhir adalah duduk tahiyat pada rakaat terakhir dalam shalat sebelum melakukan salam.

Pengertian Tahiyat Akhir

Tahiyat akhir adalah gerakan duduk tahiyat pada rakaat terakhir dalam shalat sebelum melakukan salam. Pada tahap ini, seorang muslim membaca doa tahiyat akhir sebagai bagian dari ibadah shalat. Doa ini harus dipahami dengan baik, termasuk bacaannya dalam bahasa Arab, Latin, dan artinya.

Pentingnya Membaca Doa Tahiyat Akhir

Membaca doa tahiyat akhir memiliki makna dan keutamaan tersendiri. Doa ini mengandung penghormatan dan kesyukuran kepada Allah SWT serta doa keselamatan bagi Nabi Muhammad SAW dan umat Islam yang shaleh. Dengan membaca doa tahiyat akhir, seorang muslim menegaskan keimanan dan ketauhidan kepada Allah serta pengakuan akan kenabianNabi Muhammad.

Bacaan Doa Tahiyat Akhir

Berikut adalah teks doa tahiyat akhir dalam bahasa Arab, Latin, dan terjemahan artinya:

التَّحِيَّاتُ الْمُبَارَكَاتُ الصَّلَوَاتُ الطَّيِّبَاتُ لِلَّهِ السَّلاَمُ عَلَيْكَ أَيُّهَا النَّبِىُّ وَرَحْمَةُ اللَّهِ وَبَرَكَاتُهُ السَّلاَمُ عَلَيْنَا وَعَلَى عِبَادِ اللَّهِ الصَّالِحِينَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا رَسُولُ اللَّهِ أَللهُمَّ صَلِّ عَلى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ ، وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ ، كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيمَ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيمَ ، وبَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ ، وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ ، كَمَا بَارَكْتَ عَلَى سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيمَ ، وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيمَ ، إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ

At-tahiyyatu al-mubarakatu al-shalawaatu al-thoyyibaatu lillahi. Assalamu ‘alaika ayyuhan nabiyyu wa rahmatullahi wa barakaatuhu. Assalaamu ‘alainaa wa ‘ala ‘ibadillahis-sholihin. Asyhadu an laa ilaaha illallah wa Asyhadu anna muhammadarrasulullah. Allahumma Sholli ‘ala Sayyidina Muhammad. Wa ‘ala aali sayyidina Muhammad, Kama sholaita ‘ala sayyidina Ibrahim. Wa ‘ala ali sayyidina Ibrahim. Wa Barik ‘ala sayyidina Muhammad wa ‘ala aali sayyidina Muhammad. Kamaa barakta ‘ala sayyidina Ibrahim, wa ‘ala sayyidina Ibrahim, innaka hamiidun majiid.

Artinya:
“Segala ucapan selamat, keberkahan, shalawat, dan kebaikan adalah bagi Allah. Mudah-mudahan kesejahteraan dilimpahkan kepadamu wahai Nabi beserta rahmat Allah dan barakah-Nya. Mudah-mudahan kesejahteraan dilimpahkan pula kepada kami dan kepada seluruh hamba Allah yang shalih. Aku bersaksi bahwa tidak ada sesembahan yang berhak disembah melainkan Allah, dan aku bersaksi bahwa Muhammad itu adalah utusan Allah. Ya Allah aku sampai shalawat kepada junjungan kita Nabi Muhammad, serta kepada keluarganya. Sebagaimana Engkau sampaikan shalawat kepada Nabi Ibrahim As., serta kepada para keluarganya. Dan, berikanlah keberkahan kepada junjungan kita Nabi Muhammad, serta kepada keluarga. Sebagaimana Engkau telah berkahi kepada junjungan kita Nabi Ibrahim, serta keberkahan yang dilimpahkan kepada keluarga Nabi Ibrahim. Engkaulah Yang Maha Terpuji lagi Maha Kekal.”

Setelah membaca doa tahiyat akhir, sebelum melakukan gerakan salam, Anda dapat menambahkan doa selamat dari fitnah Dajjal yang berbunyi:

اللهم إني أعوذ بك من عذاب القبر ومن عذاب النار ومن فتنة المحيا والممات ومن فتنة المسيح الدجال

“Allaahumma inni a’uudzubika min ‘adzaabil qabri wa min ‘adzabinnari jahannama wa min fitnatil mahya wal mamati wa min fitnatil masiihid dajjal.”

Artinya:
“Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari siksa kubur, siksa neraka Jahannam, fitnah kehidupan dan kematian, dan fitnah Al-Masih Dajjal.”

Posisi Tahiyat Akhir dalam sholat adalah duduk tawarruk. Caranya adalah:

1. Menempelkan sisi pantat kiri ke lantai.
2. Kaki kiri ditempatkan di bawah dengan mengeluarkannya ke arah kanan.
3. Bagian pangkal paha seperti dua mata kaki di atas dua otot.
4. Jari-jari kaki kanan menekan ke tanah.

Dalam posisi duduk tawarruk ini, Anda membaca doa tahiyat akhir sebagaimana dijelaskan di atas sebelum melaksanakan gerakan salam.