Umat muslim dilarang berpuasa pada tanggal

Umat muslim dilarang berpuasa pada tanggal

Umat muslim dilarang berpuasa pada tanggal 11, 12, 13 Zulhijjah, yaitu pada hari Tasyrik diyakini sebagai hari makan dan minum. Disebut sebagai tasyrik karena pada hari-hari tersebut umat Muslim masih bisa menyembelih hewan kurban. Daging kurban juga sedang didendeng atau dimasak, sehingga dilarang untuk berpuasa.

Umat muslim dilarang berpuasa pada tanggal 1 Syawal atau bertepatan dengan hari raya Idul Fitri, 10 Zulhijjah atau bertepatan dengan hari raya Idul Adha. Bagi kaum wanita ada larangan berpuasa pada saat haid atau datang bulan.

Umat muslim dilarang berpuasa pada tanggal

Berikut ini kami rangkumkan hari dimana di larang berpuasa bagi umat Islam.

1. Puasa Idul Fitri (1 Syawal)
2. Puasa Idul Adha (10 Dzulhijjah)
3. Puasa Hari Tasyrik (11, 12 dan 13 Dzulhijjah)
4. Puasa Hari Syak (30 Sya’ban)
5. Puasa sunah paruh kedua Syakban
6. Puasa selamanya
7. Puasa Wishal
8. Puasa perempuan yang sedang haid atau nifas
9. Perempuan yang berpuasa sunah tanpa izin suami

Waktu Lain yang Diharamkan Berpuasa
Puasa pada Hari Jumat: Rasulullah SAW pernah bersabda: “Janganlah khususkan malam Jumat dengan sholat malam tertentu yang tidak dilakukan pada malam-malam lainnya. Janganlah pula khususkan hari Jumat dengan puasa tertentu yang tidak dilakukan pada hari-hari lainnya kecuali jika ada puasa yang dilakukan karena sebab ketika itu.” (HR. Muslim).
Puasa pada Hari Sabtu: Layaknya puasa di Hari Jumat, puasa di Hari Sabtu juga tidak diperbolehkan karena hal ini merupakan kebiasaan bangsa Yahudi.
Puasa sepanjang tahun
Puasa bagi wanita yang sedang haid atau nifas
Puasa bagi orang yang sedang sakit dan dikhawatirkan akan meninggal
Puasa sesungguhnya adalah amalan wajib yang harus dikerjakan oleh umat Muslim, namun hal itu hanya terdapat pada Bulan Ramadhan saja. Pada waktu-waktu tertentu terdapat bulan yang diharamkan puasa dan dapat digantikan dengan bentuk amalan yang lainnya.